(Tahukah) 6 Profesi Ini Mulai Hidup Kembali Selama New Normal

 


Semenjak epidemi Covid19 sudah menjatuhkan perekonomian warga Indonesia. Timbulnya ketentuan PSBB yang batasi ruangan gerak kesibukan warga makin membuat beberapa bagian usaha serta pekerjaan pilih untuk mundur sekejab.


Saya lihat sendiri banyak aktor usaha fasilitas, kuliner, perhotelan, selingan serta pariwisata yang tutup upayanya baik hingga sementara permanen. Beberapa rekan saya yang kerja di bidang perhotelan harus terima nasib dirumahkan mengingat rendahnya okupansi hotel.


Promo Menarik Dalam Permainan Slot

Nasib sama berlangsung pada karyawan bioskop. Penutupan usaha selingan termasuk juga bioskop untuk cara protektif penebaran Covid19 membuat karyawan harus dirumahkan. Benar-benar lumrah mengingat tidak ada penghasilan yang bisa dipakai untuk membayar operasional serta upah karyawan. Mengingat bioskop di tutup keseluruhan sampai sekarang ini.


Seiring berjalannya waktu pemerintah mulai melapangkan limitasi kesibukan warga dengan mengaplikasikan skema new normal. Perlahan-lahan beberapa bagian usaha serta kerjaan bisa mulai bangun datang dari kemerosotan. Apa itu?


1. Transportasi Online


Dahulu saat PSBB, layanan angkutan jadi salah saktor usaha yang terserang dampaknya. Buat mereka yang ada di zone merah, transportasi Online cuma diperkenankan layani skema pengiriman barang, makanan atau penjemputan untuk service mobil.


Buat pengemudi motor, service penjemputan tidak diaktifkan sesaat mengingat ketentuan social distancing minimum 1 mtr.. Serta pengemudi mobil online juga cuma diperbolehkan mengusung penumpang 50 % dari optimal dari bangku di mobil.


Saya sempat mengobrol dengan salah satunya sopir ojek online. Dianya akui memperoleh uang 50 ribu satu hari waktu PSBB sangat mengucapkan syukur. Service yang disiapkan hanya terbatas pengantaran barang serta pembelian makanan.


Itu juga ada beberapa puluh sampai beberapa ratus ojek online yang standby menanti pesanan yang masuk. Berarti kompetisi ketat sekali serta bisa satu hari tidak memperoleh pesanan benar-benar.


Sekarang ojek online dapat sedikit tersenyum. Waktu new normal ini, mereka bisa bekerjadan memperoleh pesanan penjemputan penumpang seperti yang lalu. Walau jumlah pesanan yang diterima tidak sekitar sebelum waktu epidemi. Minimal masih ada penghasilan setiap hari.


Beberapa waktu ini saya memakai layanan ojek online ke kantor. Saya meluangkan diri untuk mengobrol. Sebagian besar mereka suka sebab penghasilan dapat mengalir kembali lagi. Satu hari dapat memperoleh 5-10 penumpang telah mengucapkan syukur dibanding waktu awal epidemi yang cuma 1-2 pesanan saja.


2. Transportasi Umum


Hampir sama dengan transportasi Online, layanan angkutan umum juga telah mulai bangun. Ini sebab pemerintah melapangkan ketentuan melancong.


Misalnya ialah mulai ramainya penerbangan komersial yang dibuka, service kereta api, KRL sampai bis serta angkot. Warga juga banyak yang lakukan perjalanan dengan model angkutan umum ini.


Kebangkitan bagian ini nampak saat saya ke Jakarta serta Bali dengan pesawat awal Agustus kemarin. Dahulu waktu epidemi, banyaknya penumpang di pesawat cuma hitungan jemari. Sekarang telah ramai walau ada ketentuan kursi tengah harus dikosongkan tetapi bangku yang disiapkan penuh.


Saya ingat sekali waktu waktu epidemi, saya masih melancong keluar kota dengan pesawat. Cuma ada 2 pramugari yang layani. Itu sebab penumpang di pesawat amat sedikit tidaklah sampai 10 orang. Sekarang kru cabin telah makin bertambah berarti karyawan yang diberhentikan mulai dipekerjakan kembali lagi.


Semenjak pariwisata Dibuka, layanan angkutan umum juga alami kenaikan pemesanan. Ditambah lagi bulan Juli serta Agustus yang terdapat banyak tanggal merah. Satu-satu pariwisata Dibuka oleh pemda.


Ticket arah wilayah wisata seperti Bali, Yogya, Lombok sampai Surabaya alami kenaikan mencolok.


Bukan hanya itu waktu April-Juni tempo hari, bis untuk jarak jauh dilarang operasional. Terminal Purbaya yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur hampir kosong tidak ada penumpang serta bis yang bekerja. Sekarang bis, serta angkot bisa bekerja lagi.


Pemakaian bis sedikit bertambah ringkas sebab ketentuan keharusan untuk Rapid tes/ Swab Tes buat penumpang. Kebalikannya buat pemakai kereta jarak jauh serta pesawat. Tidaklah heran banyak warga pilih model transportasi bis untuk melancong.


3. Master of Ceremony (MC)


Semenjak waktu new normal, banyak pekerjaan yang awalnya dilarang sekarang diizinkan untuk diselenggarakan. Misalnya pernikahan, pekerjaan selingan di mall, promo atau moment spesial yang memerlukan layanan MC.


Saat Idul Adha,saya banyak terima undangan pernikahan dari rekanan kerja atau rekan sewaktu kuliah. Mengingat ada hari baik, banyak pasangan yang membuat pesta pernikahan beberapa waktu akhir-akhir ini.


Walau diselenggarakan dengan simpel sesuai dengan saran prosedur kesehatan tetapi peranan MC masih diperlukan. Ini mengingat mereka inginkan ada pemandu acara semasa berjalannya acara sakral itu.


Mulai dibukanya mall diikuti dengan pekerjaan yang meriah. Serta banyak manajemen mall yang membuat moment promo untuk menarik beberapa pengunjung. Satu kali lagi layanan MC diperlukan pada pekerjaan ini.


4. Perkebunan serta Pertanian


Tidak ada yang menduga jika bagian perkebunan serta pertanian ikut juga bangun semasa new normal. Ini sebab kesadaran warga untuk jaga imun badan semakin bertambah selama saat epidemi.


Diantaranya ialah konsumsi makanan sehat terutamanya buah serta sayur-sayuran. Beberapa orang mulai rajin minum juice buah, makan sayur, konsumsi buah fresh sampai jadi vegen untuk mempertahankan kesehatan badan.


Mereka sadar jika virus gampang menggempur badan manusia sebab imun pada tubuh yang loyo. Karena itu dengan konsumsi gizi yang baik dipandang dapat menguatkan imun badan.


Akhirnya keinginan pada hasil bumi dari bagian pertanian serta perkebunan alami kenaikan. Ini jadi event baik buat beberapa petani sebab penghasilan mereka jadi bertambah bersamaan tingginya keinginan pada produk hasil bumi.


5. Bagian Keuangan


Buat mereka yang kerja di bidang keuangan bisa bernafas lega sebab bagian ini akan alami kenaikan keinginan.


Ini searah dengan adanya banyak aktor usaha yang ingin kembali membuka upayanya. Mengingat kekurangan modal, biasanya mereka akan manfaatkan layanan pinjaman modal pada bank atau koperasi.


Otomatis mereka yang kerja di bidang ini ibarat konsumen service bank, banker, analisa credit dan lain-lain akan diperlukan kembali lagi.


6. Sales serta Pemasaran


Waktu waktu epidemi, banyak perusahaan yang merumahkan mereka yang ada di tempat sales serta pemasaran. Ini sebab keinginan lesu hingga tempat ini harus dilaksanakan pengurangan.


Sekarang bersamaan mulai bangunnya beberapa bagian usaha karena itu mereka mulai memerlukan kembali lagi figur sales serta pemasaran untuk menggandeng konsumen.


Nampak mulai banyak lowongan yang dibuka baik di media sosial atau situs pelacak kerja untuk tempati tempat ini.


Itu 6 bagian usaha atau karier yang bangun bersamaan diaplikasikannya posisi new normal. Mengharap nantinya mulai banyak bagian usaha atau karier yang juga bisa bangun serta kembali lagi hidupkan perekonomian bangsa.


Mudah-mudahan tulisan saya berguna.


Postingan populer dari blog ini

WHY DADS ARE HAPPIER THAN

The Taliban is actually keeping girls' education and learning hostage in Afghanistan - the concern is actually, why

research study on heritage formulas intends towards develop